• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
Mahasiswa IAT FAI UNUJA Raih Juara III MHQ 30 Juz Tingkat Nasional
  • Post on Minggu, 12 November 2023 - 13:43:16
  • 157 Views
mahasiswa-iat-fai-unuja-raih-juara-iii-mhq-30-juz-tingkat-nasional

M. Rofiqur Rahman, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nurul Jadid (UNUJA) berhasil meraih juara III lomba Hifzhil Qur’an 30 Juz (HQ30) pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya pada tanggal 3-10 November 2023. Pengumuman pemenag diumumkan pada tanggal 9 malam yang dibacakan oleh Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, M.A.

Pada babak penyisihan, Senin tanggal 6, Rofiq, panggilan akrab mahasiswa semester 3 ini, bersaing dengan 50 peserta HQ30 Putra dari berbagai universitas, hingga akhirnya berhasil tersaring masuk babak final bersama 6 peserta lainnya dari kampus tuan rumah, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan Universitas Hasanuddin. Selanjutnya, pada hari Rabu, tanggal 8, Rofik tampil kembali sebagai finalis dan pada pengumumunan pemenang alhamdulillah keluar sebagai juara III, membawa nama baik almamater UNUJA.

Ahmad Zubairi, M.Pd., sebagai pendamping mengungkapkan: ”ini sejarah pertama kali yang diraih oleh UNUJA. Mahasiswanya bisa meraih juara pada ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dan pointnya sangat besar ke Simkatmawa”.

Apresiasi atas kejuaraan ini datang dari banyak pihak. Dr. H. Ahmad Fawaid, M.Th.I, Dekan Fakultas Agama Islam mengungkapkan rasa gembiranya atas capaian yang diperoleh oleh mahasiswanya ini. ”Alhamdulillah. Baru menang kali ini. Selama UNUJA berdiri, di MTQMN tidak pernah menang”, ungkap Dekan yang menjabat di FAI belum genap 1 tahun ini.

Abd. Basid, selaku Ketua Prodi IAT berharap semoga MTQMN mendatang, di tahun 2025 dan seterusnya, UNUJA bisa berpartisipasi lagi dan yang juara semakin bertambah. Amin.

MTQMN merupakan ajang dua tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bawah pengawalan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dengan peserta dari berbagai kampus di bawah Kemendikbudristek dari Sabang sampai Merauke. Pada tahun ini ada 224 Universitas se-Indonesia yang ikut serta memeriahkan event bergengsi ini.

Share: