• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
Embrio Pecinta (Juninna bi Layla) Bahasa Arab UNUJA masa depan
  • Post on Jum'at, 24 September 2021 - 12:19:30
  • 80 Views
embrio-pecinta-juninna-bi-layla-bahasa-arab-unuja-masa-depan

Kamis 23/09/21 tiga (3) mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa arab (PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Univeritas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton kembali dengan berita gembira yaitu jawara membawa pulang Juara 1 Debat Bahasa Arab Tingkat Regional Asia yang dihelat oleh Prodi PBA IAIN (go to University/UIN) Syeikh Nujati Cirebon Jawa barat. 

Disaat masa sulit pandemi, tak banyak yang bisa dilakukan mahasiswa kami, kecuali terus bergerak & berproses mengasah kemampuan ketrampilan bahasa Arab dari melatih keterampilan mendengar (istima'), bercakap (kalam), membaca (qira'ah) & menulis (kitabah) serta memahami budaya (tsaqofa) bahasa Arab itu sendiri.

Pada dasarnya mahasiswa adalah subjek, sedang tanaga pendidik (tendik) sebagai penggerak, sederhana yang kami lakukan, kami memberikan stimulus terhadap mahasiswa pba untuk ikut berbagai even yang ada di luar sana, kami fasilitasi, kami motivasi, karena ini merupakan kebebasan & mimbar akademik.

Lalu mereka merespon dengan baik, prinsipnya "pukul dulu, resiko urusan belakang" dengan kata lain kalah & menang merupakan proses menuju pengasahan diri membentuk mental baja yang kuat & berkeadaban, lebih-lebih di era disrupsi globalisasi aselole 4.0 up to 5.0.

Akhirnya di tahun pandemi 2021 kita hadir bukan sebagai pelengkap, namun kali kedua masa pandemi mewarnai juara nasional pidato bahasa Arab di UMM Sidoarjo dengan khatib (orator) Addifa' al Hujumi (rudal penyerang) mahasiswa semster IV (empat) Genap 2021.

Pada setiap kesempatan kami bertanya pada seluruh mahasiswa PBA UNUJA yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PBA dengan sapa sedehana: Kaifa Haluka khi/tie? (gimana kabarmu saudara/i), Kaifa haluka/i ma'a al Lughah al Arabiya? Gimana kabarmu dengan bahasa arab?

Nah dari pertanyaan bahasa Arab sederhana ini mereka merespon dengan baik & mengerti apa yang harus dilakukan, yaitu terus belajar, berlatih & mewarnai membawa pulang kejuaraan. Hasan Mutawakkil sebagai kating penggerak mahasiswa semester 8 yang sebelumnya sudah 5 kali beruntun juara lomba Bahasa Arab di berbagai kesempatan sejak (2018-2021).

Kini ke 6 kalinya Tim PBA UNUJA meraih juara 1 debat bahasa Arab tingkat Asia berebut dengan delegasi UIAM B Malaysia bersama masuknya mahasiswa baru PBA semester satu (I) Rizqi Azis Febrianto yang merupakan embrio masa depan PBA UNUJA dan didampingi Fauzi Rahman mahasiswa semster lima (V), kesempatan terbuka untuk semua mahasiswa PBA untuk menjadi juara. 

Di ajang yang sama pula ketua HMJ PBA UNUJA periode 2021-2022 adalah Badrus Zaman yang semula anggota Tim Debat suka rela menberikan kesempatan kepada saudara barunya, Rizqi Azis Febrianto menggantikan posisinya dirinya.

Dan Fauzi Rahman juga mencoba mengikuti lomba bercerita bahasa Arab bersaing dengan berbagai utusan kampus luar bersama Badrus Zaman. Sembari menunggu keputusan juri & pengumuman dari panitia pelaksana Prodi PBA IAIN (go to UIN) Syeikh Nujati Cirebon Jawa barat. 

Puji & Sukur kami kepada Allah SWT Fauzi Rahman Juara meraih juara 1 & Badrus Zaman juara 2 pada lomba bercerita, kami yakin karunia bukan hanya materi namun ilmu yang manfaat & pengalaman yang dahsyat berbagi cerita bahagia dan rasa ceria agar imun meningkat & sehat slalu.

Tak lupa kami ucapkan terimakasih  kepada segenap pimpinan & civitas akademika Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton & segenap jajaran pengasuh & pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo atas doa, didikan dalam kata-sikap yang tak kasat mata & dukungan untuk kami semua santri, maha santri & mahasiswa.

Slogan kami PBA UNUJA juga "ies karema aw moet syaheda" artinya tak ada pilihan kecuali kami harus maju dan menang (is)?, kalah pun tak untuk dikenang, tapi bangkit..!!

Kami mahasiswa PBA UNUJA, kami pecinta & penjaga bahasa Arab, kami berusaha menjadi jiwa yang tenang bertrilogi & berpancaksedaran, ceria slalu di dunia dengan ketaatan, bahagia di akhirat dengan syafaat nabi Muhammad SAW. (mw).    

     

Share: