• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
PBA UNUJA Raih Hattrick Nasional Lomba Debat Bahasa Arab
  • Post on Rabu, 10 Maret 2021 - 07:37:46
  • 57 Views
pba-unuja-raih-hattrick-nasional-lomba-debat-bahasa-arab

Alhamdulillah tiga kali beruntun (2019-2020-2021) PBA UNUJA sukses meraih juara 1 lomba debat Bahasa Arab tingkat Nasional pada ajang festival ALAFEST 04 yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada taggal 7 s/d 9 maret 2021.

PBA UNUJA DJAYA untuk ketiga kalinya meraih juara 1 tingkat nasional pada ajang debat bahasa Arab yaitu pada tahun 2019-2020 dan 2021 saat ini, bisa disebut semacam Hattrick begitu, dengan lawan-lawan debat berbeda-beda dari berbagai institusi perguruan tinggi ternama se-Indonesia.

Lomba Debat bahasa Arab tingkat nasional memperebutkan juara 1 dan atau 2 (pilih aku atau dia?) di babak final saat ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara luring. Kali ini lomba debat bahasa Arab dilaksanakan secara during via zoom (solusi pandemi corona) dan mempertemukan PBA UNUJA dengan al Mujadilin (Debaters) PBA Universitas Negeri Malang (UM) pada laga Final dengan mosi: Ya'taqidu al Majlis Anna al Jabhah ad Difaiyah al Islamiyah Fi Indonesia Laisa Daruriya. 

Dengan performa Bahasa Arab yang kuat dan argumen ilmiah yang mantap, PBA UNUJA mampu meyakinkan dewan juri dan berhasil meraih poin (521,2 - 520,7) untuk kemenangan juara bertahan. Keceriaan semakin lengkap, adalah Moch. Hasan Mutawakkil, salah satu anggota tim debat PBA UNUJA juga meraih kategori Khairu al Mutakallim (the Best Speaker) pada ajang tersebut.

Masih kuat terngiang petuah Rektor UNUJA, KH. Abd. Hamid Wahid, M. Ag, pada sebuah kesempatan memotivasi generasi bahasa Arab milenial; ''Bahasa Arab harus tajam masa pendek dan jangka panjang'', dengan ungkapan lain bahasa Arab sebagai sarana komunikasi di dunia harus tetap eksis sekaligus sebagai media kebahagiaan akhirat wajib diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Yo ayo PBA UNUJA semangat dan ceria selalu, tanjukkan prestasimu dengan cara-cara santun.. salam berkeadaban untuk kita semua..   

 

 

Share: