• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
Pendidikan Bahasa Arab

Profil Prodi PBA 

 

Prodi PBA FAI UNUJA berdiri sejak tanggal 08 Maret 1996 melalui SK Kep/III/1996 Direktur Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depertemen Agama RI, dan hingga saat ini hadir bukan sekedar pelengkap, namun mewarnai dan berkontribusi melalui implementasi tridharma PT [pengajaran/pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat] secara konkrit dan konsisten bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia. Prodi PBA FAI UNUJA telah memiliki ijin operasional secara sah dan legal dalam menyelenggrakan tridharma PT [pengajaran/pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat] berdasarkan SK LAMDIK: 1142/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2023 dengan akreditasi UNGGUL berlaku [aktif] mulai tanggal 20 November 2023 s/d tanggal 19 November 2028

Visi PBA

Menjadi Program Studi Unggul dan Berkeadaban dalam menyiapkan Guru Bahasa Arab Profesional pada bidang Metodologi Pembelajaran berbasis Pendekatan Komunikatif berlandaskan Trilogi dan Pancakesadaran Santri Pesantren Nurul Jadid bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan Dunia 2028.

Misi PBA

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran bahasa Arab baik teori maupun praktik pada bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif yang berorientasi pada pengembangan kompetensi kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogik, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  4. Membina kerjasama dengan lembaga mitra di dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan pada nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia &  Dunia.

Tujuan PBA

  1. Terwujudnya pendidikan dan pengajaran bahasa Arab baik teori maupun praktik pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif yang berorientasi pada pengembangan kompetensi kepribadian, sosial, profesional dan pedagogik & kompetensi kebahasaaraban berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  2. Terwujudnya penelitian untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  3. Terwujudnya pengabdian masyarakat untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga mitra di dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan keilmuan dan pendidikan bahasa Arab pada Bidang Metodologi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Komunikatif, berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid Bagi Pembangunan Masyarakat Indonesia & Dunia.

Profil Lulusan (PL)

PL1

Pendidik Bahasa Arab

 

Menjadi Tenaga Pendidik (Guru) Bahasa Arab profesional dengan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial di lembaga formal  (MI, MTs, MA) & non formal (madin & lembaga kursus bahasa Arab), berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Pesantren Nurul Jadid.

PL2

Peneliti Pemula Pendidikan Bahasa Arab

Menjadi Peneliti Pemula yang peka terhadap problematika & isu-isu pembelajaran Bahasa Arab, dengan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dengan penuh taggung jawab berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Pesantren Nurul Jadid.

PL3

Eduprenuer Pendidikan Bahasa Arab

Menjadi Wirausahawan, Konsultan, Translator & Interpreter bidang bahasa Arab yang kompetitif, produktif, inovatif & mandiri sesuai perkembangan zaman, dengan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dengan penuh taggung jawab berlandaskan nilai-nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Pesantren Nurul Jadid.

Distingsi Prodi PBA

  1. Metodologi Pembelajaran (tariqoh intiqoiyyah/eclectic method)
  2. Pendekatan Komunikatif (al madkhal al-Ittisholi/communicative approach)

Trilogi Pesantren Nurul Jadid 

  1. Memperhatikan Kewajiban Fardu 'Ain
  2. Mawas Diri Meninggalkan Dosa-Dosa Besar 
  3. Beretika Luhur Pada Allah SWT dan Sesama Makhluk 

Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid

 

  1. Kesadaran Beragama (Al Wa'yu Ad Dini)
  2. Kesadaran Berilmu (Al Wa'yu Al Ilmi)
  3. Kesadaran Bermasyarakat (Al Wa'yu Al Ijtima'i)
  4. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara (Al Wa'yu Al Hukumi Wa As Sya'bi)
  5. Kesadaran Berorganisasi (Al Wa'yu An Nidhomi)

Share: