Profil Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Pendidik anak usia dini pada jalur formal (TK, RA dan yang sederajat) dan nonformal (KB, tempat pengasuhan anak, dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berlandaskan nilai-nilai keislaman.Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan dan arahan di bidang pendidikan anak usia dini, Wirausahawan dalam bidang pendidikan anak usia dini yang produktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh.Penulis karya-karya di bidang pendidikan anak usia dini dan Asisten ahli dalam proses penelitian dasar dan terapan di bidang pendidikan anak usia dini.
Visi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Pada tahun 2025 Menjadi pusat pendidikan unggul dan riset Anak Usia Dini berbasis nilai-nilai Pesantren di tataran Regional.
Misi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Tujuan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Capaian pembelajaran prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah Mampu mengaplikasikan konsep-konsep anak usia dini dalam PAUD.Mampu mengembangkan kurikulum Anak Usia Dini. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada keahliannya.Memiliki kemampuan tentang pembuatan media permainan yang memicu perkembangan anak usia dini. Mampu melakukan asesmen perkembangan pada anak usia dini. Mampu mengintegrasi ilmu, agama, dan keindonesiaan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Mampu memanfaatkan teknologi informasidalam rangka meningkatkan pembelajaran anak usia dini.Mampu mengaplikasikan Model-Model pembelajaran Anak anak usia dini.Mampu merancang Rencana Kegiatan Semesteran, RPPH, dan RPPM Pembelajaran anak usia dini.Mampu melaksanakan pembelajaran Tematik dan esesmen pada anak usia dini.Mampu mendesain strategi pembelajaran anak usia dini. Mampu merancang dan menerapkan media pembelajaran anak usia dini.Mampu mengaplikasikan pengembangan permainan edukatif PAUD. Mampu mengembangkan kurikulum Anak Usia Dini.Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada keahliannya secara khusus dalam penyelesaian masalah. Mampu membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas.