• (0335) 771732
  • 17-01-2019 21:06:23

jl. PP Nurul Jadid, Karanganyar Paiton.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

 

 

Profil Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pendidik anak usia dini pada jalur formal (TK, RA dan yang sederajat) dan nonformal (KB, tempat pengasuhan anak, dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berlandaskan nilai-nilai keislaman.Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan dan arahan di bidang pendidikan anak usia dini, Wirausahawan dalam bidang pendidikan anak usia dini yang produktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh.Penulis karya-karya di bidang pendidikan anak usia dini dan Asisten ahli dalam proses penelitian dasar dan terapan di bidang pendidikan anak usia dini.

 

Visi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pada tahun 2025 Menjadi pusat pendidikan unggul dan riset Anak Usia Dini berbasis nilai-nilai Pesantren di tataran Regional.

 

Misi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

  • Mempersiapkan tenaga pendidik yang relevan dan berkualifikasi sesauai dengan prodi PGRA.
  • Mempersipakan struktur kurikulum yang relevan sesuai dengan Prodi PGRA.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran tepat guna sesauai dengan kualifikasi pendidik dan struktur kurikulum dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik ke-PGRA-an yang unggul di bidang pendidikan anak usia dini yang profesional dan berkepribadian.
  • Mengembangkan manajemen dan riset program studi dalam menumbuhkan iklim akademis yang kondusif terhadap pengembangan kompetensi calon tenaga pendidik anak usia dini.
  • Melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan inovatifkreatif lainnya untuk dapat menguasai dan mengembangkan kemampuan dasar dan pengetahuan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Berperan Aktif dalam mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat bagi guru RA dan masyarakat belajar.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

  • Menghasilkan guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik pada Pendidikan Guru Raudlotul Athfal yang profesional dan berkeperibadian.
  • Menghasilkan guru yang mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan anak usia dini dengan memiliki kesadaran yang tinggi sebagai pemikir dan panutan peserta didik,
  • Menghasilkan guru yang peka terhadap perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini, metode pembelajaran, dan perkembangan pemikiran dan praktek pendidikan dalam skala global,
  • Menghasilkan guru dan peneliti, yang siap untuk melakukan pengembangan keilmuan, kompetensi dan lingkungannya.

 

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

Capaian pembelajaran prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah Mampu mengaplikasikan konsep-konsep anak usia dini dalam PAUD.Mampu mengembangkan kurikulum Anak Usia Dini. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada keahliannya.Memiliki kemampuan tentang pembuatan media permainan yang memicu perkembangan anak usia dini. Mampu melakukan asesmen perkembangan pada anak usia dini. Mampu mengintegrasi ilmu, agama, dan keindonesiaan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Mampu memanfaatkan teknologi informasidalam rangka meningkatkan pembelajaran anak usia dini.Mampu mengaplikasikan Model-Model pembelajaran Anak anak usia dini.Mampu merancang Rencana Kegiatan Semesteran, RPPH, dan RPPM Pembelajaran anak usia dini.Mampu melaksanakan pembelajaran Tematik dan esesmen pada anak usia dini.Mampu mendesain strategi pembelajaran anak usia dini. Mampu merancang dan menerapkan media pembelajaran anak usia dini.Mampu mengaplikasikan pengembangan permainan edukatif PAUD. Mampu mengembangkan kurikulum Anak Usia Dini.Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada keahliannya secara khusus dalam penyelesaian masalah. Mampu membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas.

 

 

© 2018 PDSI | Universitas Nurul Jadid

Bootstrap Theme Made By www.w3layouts.com. Modification By PDSI UNUJA.