• (0335) 771732
  • 25-05-2019 17:07:34

jl. PP Nurul Jadid, Karanganyar Paiton.

Pendidikan Agama Islam

 

 

Profil Program Studi Pendidikan Agama Islam

Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu program studi kependidikan di lingkungan Universitas Nurul Jadid yang diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia seutuhnya bidang kependidikan. Dasar penyelenggaraan program studi Pendidikan Agama Islam ini mengacu pada keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 145/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014 yang menyatakan bahwa program studi sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo terakreditasi peringkat B. Sejak mulai beroperasi hingga saat ini, program studi ini telah menghasilkan ribuan sarjana Pendidikan Agama Islam yang unggul dan berkualitas serta telah mengabdikan dirinya dalam tatanan masyarakat global sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimilikinya.

 

Visi Program Studi Pendidikan Agama Islam

“Menjadi Program Studi unggul dalam menyiapkan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang profesional.”

 

Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam

  • menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  • mengembangkan manajemen program studi dalam menumbuhkan iklim akademis yang kondusif terhadap pengembangan kompetensi mengajar Pendidikan Agama Islam.
  • melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan inovatif-kreatif lainnya untuk dapat menguasai dan mengembangkan kemampuan dasar keguruan dan pengetahuan Pendidikan Agama Islam.
  • mengembangkan iklim ketauladanan dalam kehidupan masyarakat atas dasar ketauhidan dan akhlakul karimah.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam

  • Menghasilkan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang memiliki ilmu pengetahuan dan kompetensi sebagai seorang pendidik Islam.
  • Menghasilkan guru yang mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan Pendidikan Agama Islam dengan memiliki kesadaran yang tinggi sebagai pemikir dan panutan peserta didik.
  • Menghasilkan guru yang peka terhadap perkembangan Pendidikan Agama Islam, metode pembelajaran, dan perkembangan pemikiran dan praktek pendidikan dalam skala global.
  •  Menghasilkan guru dan peneliti, yang siap untuk melakukan pengembangan keilmuan, kompetensi dan lingkungannya.

 

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome, LO) Program Studi Pendidikan Agama Islam mempertimbangkan deskripsi generic dan spesifik serta masingmasing profil lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik, Asisten Peneliti dan Eduprenuer. Program Studi Pendidikan Agama Islam menetapkan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam, yaitu: aspek sikap dan tata nilai, aspek pengetahuan, dana spek keterampilan.

 

© 2018 PDSI | Universitas Nurul Jadid

Bootstrap Theme Made By www.w3layouts.com. Modification By PDSI UNUJA.