• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
PBA UNUJA KKN MBKM Internasional
  • Post on Minggu, 16 Juli 2023 - 13:14:02
  • 128 Views
pba-unuja-kkn-mbkm-internasional

Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo dukung program pemerintah, ikut berpartisipasi dalam implementasikan program Kampus Mengajar & Merdeka Belajar (MBKM) baik secara mandiri maupun dengan keikutsetaan dosen & mahasiswa pada program tersebut. Program MBKM pemerintah dibagi menjadi dua kategori; MBKM Dalam Negeri (DN) & MBKM di Luar Negeri (LN) selama satu semester dengan kebijakan rekognisi & konversi nilai 20 sks/semester. (Paiton, 03/07/23).

Prinsip program MBKM ini memberikan kebebasan mimbar akademik kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi Univeristas Nurul Jadid dengan prinsip tidak meninggalkan kewajiban belajar tuntas Mata Kuliah Utama (MKU) Keprodian. Program MBKM Santri mengabdi diikuti oleh mahasiswa minimal telah menempuh lulus enam (6) semester (1-6) & lulus 94 SKS.   

Tahun Akademik 2022-2023 Genap Dua (2) Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA); Asviatul Maufiroh (PBA 6) & Safina Indriani (PBA 6) ikut ambil bagian bersinergi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) skema Santri Mengabdi di SMP ISLAM WITTHAYATHAN SCHOOL, alamat: 131 m.6 PhraiWan Subdistrict, TakBai District Narathiwat Province 96110. Sedangkan program MBKM santri dalam negeri telah dilakukan di negeri pada tahun sebelumnya, misal di PP Nurul Jadi Bali & PP Nurul jadi Waktobi Sulawesi Tenggara & daerah-daerah Indonesia lainya. Program KKN MBKM santri mengabdi didukung Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNUJA & Lembaga pengembangan & Inovasi Pembelajaran (LPIP) UNUJA.   

Harapan program MBKM memberikan pengalaman dalam belajar, mengajar & mengabdi serta memberikan kemanfaatan kepada masyarakat di lokasi KKN MBKM. PBA UNUJA KKN MBKM Internasional, kita sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam KKN MBKM kali ini, lebih-lebih di Thailand, "harapan Sekolah SMP ISLAM WITTHAYATHAN SCHOOL, dapat berbicara Bahasa Inggris, belajar budaya Indonesia, mengaji Al-Qur'an dan mendalami Ilmu Agama (khususnya Tajwid, Akhlaq dan Tauhid)', ujur Asvi. Menurut Safina; harapan Sekolah SD Tempat Satu Cuap Co'erong Narathiwat dapat Berbicara Bahasa Arab, sebagai contoh suri tauladan yang baik, dapat berhubungan baik antar bahasa Thailand dan BHS Indonesia, bisa mengaji dengan baik.

Selamat kepada ukthi Asvi & Safina di sana. Ceria selalu, baik-baik di sana ya, moga mahasiswa-mahaiswi pba & unuja lainnya bisa menyusul & bersinergi.. UNUJA Kampus Pesantren Berkeadaban. 

Share: