• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
FPS PBA Kopertais IV Surabaya Bisa, dari Jawa Timur untuk Indonesia dan Dunia
  • Post on Selasa, 27 Februari 2024 - 03:01:03
  • 78 Views
fps-pba-kopertais-iv-surabaya-bisa-dari-jawa-timur-untuk-indonesia-dan-dunia

Paiton, 25 Februari 2024, Forum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (FPS-PBA) mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) selama dua hari untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Swasta di Jawa Timur. Kegiatan ini diadakan di Universitas Muhammadiyah (UMM) Malang dan dihadiri sekitar 32 ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dari berbagai Perguruan Tinggi Islam Swasta di Jawa Timur.

Peserta Rakerda FPS-PBA tiba di lokasi acara pada Jumat siang, jam 13.00 WIB, dan langsung check-in di My Dormy Hostel UMM. Pembukaan kegiatan Rakerda dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh mahasiswi PBA UMM Malang di Gedung GKB 2 Lantai 2 UMM Malang, diikuti oleh sambutan-sambutan dari Wakil Dekan III, Imamul Hakim. SE., M.Sh., sambutan kedua oleh ketua panitia pelaksana, Muhammad Firdaus, M.Pd.I., Kaprodi PBA UMM Malang, dan sambutan ketiga oleh Dr. Mu'alim Wijaya, M.Pd.I., Ketua Umum Forum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Kopertais IV Surabaya dari jam 14.30 hingga 15.30. Acara Rakerda dilanjutkan dengan presentasi pakar pendidikan, dosen, dan instruktur Pekerti UMM, Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd., dari jam 15.30 hingga 17.30 WIB tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) KPT 2020 dan Permendikbud No. 53 Tahun 2023.

Adalah Dr. Mu'alim Wijaya, M.Pd.I., Ketua Umum FPS-PBA Kopertais IV Surabaya sekaligus Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNUJA, Dr. Nur Hasan M Ed., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNISMA Malang, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNWAHA, Muhammad Wahyudi, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor, Moh. Ali Qorror Al-Khasy, M.Hum., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Itsnaini Muslimati Alwi, M.A., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan, dan para Kaprodi, sekprodi atau yang mewakili, turut hadir dan berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Sabtu malam jam 19.30-21.30 setelah makan malam (tanawalul asya), kegiatan dilanjutkan dengan sesi sharing tentang kiat sukses menuju Akreditasi UNGGUL, diisi oleh Prodi PBA yang meraih peringkat akreditasi UNGGUL, yaitu Kaprodi PBA UNUJA, Kaprodi PBA UNIDA Gontor, dan Kaprodi PBA UMSIDA Sidoarjo. Para peserta Rakerda FPS-PBA mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Pada hari berikutnya, Sabtu, 24 Februari 2024, setelah sarapan pagi (tanawalul futur), kegiatan Rakerda dilanjutkan dengan presentasi pengenalan Platform ARID Researcher oleh Dr. Syaiful Suwaidi, ketua umum platform tersebut. Kegiatan ini kemudian diikuti dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU-MoA) antara Platform ARID Researcher dan FPS-PBA Kopertiasi IV Surabaya, dalam bidang pendidikan, penelitian, publikasi internasional, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rakerda FPS-PBA kemudian ditutup dengan doa harapan oleh Dr. Hasan Abdul Barri, M.Ed., Kaprodi PBA UNISMA Malang, semoga kegiatan FPS PBA ini bermanfaat dan berkah dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab. Para peserta check out dari My Dormy Hostel UMM Malang jam 10.30 dan dilanjutkan dengan destinasi ke Coffee Sawah di Desa Pujon Malang sebagai wujud kebersamaan dan melepas penat badan dan pikiran. Tak lupa disampaikan terima kasih kepada panitia dari unsur FPS-PBA dan dosen PBA FAI UMM, khususnya Ibu Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I. dan lainnya, atas dukungannya demi suksesnya acara. Jazakumullah Khairan.

Semoga FPS-PBA selalu eksis dalam mengawal pendidikan Bahasa Arab dalam perspektif kesadaran berilmu (al wa'yu al ilm) dan kesadaran berorganisasi (al wa'yu an nidhomi) demi mengembangkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Swasta menjadi lebih baik. FPS-PBA Kopertasi IV Surabaya Bisa, dari Jawa Timur untuk Indonesia dan Dunia.

Share: