• (0335) 771732
  • fai@unuja.ac.id
Fasilitasi Kreativitas Mahasiswa, Himaprodi IAT FAI UNUJA Adakan Pelatihan Kaligrafi dan Tilawah
  • Post on Senin, 30 Oktober 2023 - 10:31:22
  • 59 Views
fasilitasi-kreativitas-mahasiswa-himaprodi-iat-fai-unuja-adakan-pelatihan-kaligrafi-dan-tilawah

Pagi itu, Kamis 26 Oktober 2023, mahasiswa lalu lalang naik turun tangga di gedung B Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo. Setelah ditelusuri ternyata mereka adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Alqur’an (IAT) Fakultas Agama Islam (FAI) UNUJA. Mereka sedang mempersiapkan danakan mengikuti acara rutinan pelatihan kaligrafi dan tilawah yang diadakan oleh Himaprodi IAT FAI UNUJA.

Ahmad Maulidin, selaku ketua Himaprodi IAT FAI UNUJA, ketika dimintai keterangan menuturkan bahwa acara pelatihan ini adalah acara rutinan dan sudah menjadi program kerja Himaprodi. ”Pelatihan kaligrafi dan tilawah ini diadakan setiap sebulan sekali, setiap hari Kamis, yang dikoordinir oleh Divisi Bakat dan Minat Himaprodi IAT”, ungkap mahasiswa semester V ini.

Pelatihan kaligrafi dan tilawah ini diikuti oleh mahasiswa IAT FAI UNUJA lintas semester yang berminat untuk belajar dan mendalami seni tulis kaligrafi dan seni tilawah. Bertindak sebagai pelatih kaligrafi Ahmad Qusyairi, mahasiswa senior IAT FAI UNUJA yang sudah malang melintang dalam dunia kaligrafi. Sedangkan bidang tilawah mendatangkan pelatih dari unsur alumni yang sudah berpengalaman mengikuti perlombaan tingkat nasional.

Abd. Basid, M.Th.I., selaku kaprodi IAT FAI UNUJA juga menuturkan bahwa sejatinya kegitanan rutinan Himaprodi IAT tidak hanya dua pelatihan di atas. Selain itu ada juga kegiatan bahsul kutub dan diskusi mata kuliah yang diadakan setiap hari Kamis juga. ”Jadi dalam sebulan, setiap hari Kamis yang merupakan hari mahasiswa, ada beberapa kegitan rutin dilaksanan secara bergantian, yaitu Kamis minggu pertama kegiatan bahsul kutub, Kamis minggu kedua kegiatan diskusi tematik, Kamis minggu ketiga kegiatan khatmil qur’an, dan Kamis minggu keempat kegiatan kaligrafi dan tilawah” ungkapnya.

Melalui Himprodi, Prodi IAT akan terus berusaha menfasilitasi bakat dan minat mahasiswa, baik yang berkaitan dengan bakat akademik maupun non akademik. Kaprodi IAT terus menyemangati agar pengurus Himaprodi terus semangat mengkoordinir pelaksanaan program kerja yang sudah diputuskan bersama. Untuk memperkuat, Kaprodi berujar dengan mengutip apa yang pernah diutarakan oleh Dekan FAI UNUJA, Dr. Ahmad Fawaid, M.Th.I., bahwa FAI akan selalu mendukung setiap kegiatan mahasiswa, apapun bentuk kegiatannya. Ada kegiatan, ada uang. ”Demikian yang pernah diuangkap oleh Dekan FAI”, ungkap Kaprodi asal Madura ini.

Share: